Monday, July 9, 2012

Jenis-jenis Lebah


Lebah adalah hewan sejenis serangga karena memiliki ciri-ciri berkaki 3 pasang dan bersayap 2 pasang, mereka juga senang hidup berkelompok (meskipun adapula yang hidup menyendiri) dan hampir diseluruh penjuru dunia terdapat lebah dengan beragam spesiesnya.

Berikut ini jenis-jenis lebah:
  1. Lebah Liar (Adrenidae / Mining Bees)
Mereka hidup di hutan liar, beraktifitas di sore hari dan membangun sarangnya didalam tanah.





  1. Lebah Pemotong Daun (Megachiledae / Leaf Cutting Bees)
Tubuhnya berwarna hitam orange. Jenis lebah ini memotong daun dengan giginya untuk membangun sarangnya. Seperti daun rambutan, daun mawar.


  1. Lebah Tukang Kayu (Xylocopidae / Carpenter Bees)
Yang membedakannya dengan lebah biasa adalah bentuk tubuhnya yang lebih besar dan pada perutnya tidak berbulu melainkan hitam mengkilat.
Lebah jantan tidak mempunyai kemampuan menyengat. Lebah betina hanya akan menyengat jika diganggu/dianiaya.
Membuat lubang pada kayu berbentuk terowongan untuk bertelur pada musim semi dan membesarkan anak.




  1. Lebah biasa / tawon endas (Bombidae / Bumble Bees)
Famili jenis lebah ini sangat sedikit menghasilkan madu, tetapi memiliki peranan penting sebagai penyerbuk tumbuh-tumbuhan.




  1. Lebah Madu (Apidae / Honey Bees)
Sebagai penghasil madu sejati. Genus Apis adalah penghasil madu dan lilin. Mereka memproduksi madu dari nectar bunga. Varietas unggul yang sering dibudidayakan adalah Apis Mellifera (lebah madu barat) dari Eropa, Apis Dorsata (lebah madu raksasa), Apis Cerana (lebah madu timur).



Pada masing-masing koloni, jenis-jenis lebah masih dibagi lagi menurut tugasnya:
  1. Lebah Ratu
Adalah lebah betina yang tugasnya adalah bertelur. Kemampuan bertelurnya kira-kira 2.000 telur/hari. Berbadan lebih besar diantara lebah lain karena sejak berbentuk larva hingga menjadi ratu, makanannya adalah royal jelly (sarinya madu). Umurnya bisa mencapai 3 tahun. Merupakan induk dari semua lebah dan hanya ada 1 pada tiap koloni.

  1. Lebah Pekerja / Lebah Betina
Lebah betina yang tidak boleh bertelur (kecuali dalam 1 koloni sudah tidak ada lagi ratunya), jika menetas pun menghasilkan lebah jantan karena dari telur yang tidak dibuahi, lebah betina/pekerja tidak pernah dikawini oleh lebah jantan.  
Lebah pekerja bertugas mengumpulkan serbuk sari dan nectar. Ada pula yang bertugas membersihkan sarang, merawat telur dan anak-anak lebah. Makanan untuk jenis lebah betina ini adalah madu biasa berbeda dengan ratu mereka. Jumlah lebah pekerja mencapai puluhan ribu.

  1. Lebah Jantan
Bertugas mengawini Lebah Ratu dan kemudian akan mati karena testinya lepas dan tertanam dalam ovarium Lebah Ratu. Makanan lebah jantan adalah madu biasa dan nectar. Jumlah lebah jantan hanya ratusan.

Lebah Ratu - Lebah Pekerja (Betina) - Lebah Jantan