Saturday, July 21, 2012

Sarang Lebah


Lebah madu membuat sarang berbentuk heksagonal atau segi enam. Mengapa? Ternyata bentuk seperti itu adalah bentuk paling efisien untuk membuat gudang madu dengan kapasitas besar dan memerlukan bahan baku lilin sedikit mungkin dibandingkan dengan bentuk segitiga ataupun persegi, meski ketiga bentuk tersebut sama-sama bisa menggabungkan bentuk tanpa celah.

Sarang Lebah dibuat oleh ratusan lebah pekerja dimulai dari titik yang berbeda-beda, sampai menyatu di tengah. Ukuran sudut pada tiap rongga pun sudah dipertimbangkannya. Lebah membuatnya dengan kemiringan 13 derajat untuk mencegah madu mengalir keluar.

Menurut para peneliti, sarang lebah madu ini juga sangat steril bahkan dibandingkan dengan ruang operasi sekalipun. Hal ini karena lebah menghasilkan propolis untuk menambal sarangnya sekaligus melindungi sarang dari bakteri dan virus. Propolis dihasilkan dari campuran antara bunga, tumbuh-tumbuhan dicampur dengan air liur lebah dan juga lilin pada saat lebah membuat sarangnya.

Sarang pada setiap jenis lebah bermacam-macam:
Lebah Madu (Honey Bees): berbentuk Heksagonal / Segi Enam

Lebah Liar (Mining Bees): berbentuk gundukan tanah dengan sebuah lubang lingkaran di tengahnya

Lebah Pemotong Daun (Leaf Cutting Bees): berbentuk gulungan daun yang panjang

Lebah Tukang Kayu (Carpenter Bees): berbentuk lingkaran pada kayu dan memanjang ke dalam

Untuk membuat sarang lebah madu yang dibudidayakan, yang perlu disiapkan antara lain adalah KOTAK LEBAH sebagai tempat koloni yang terbuat dari Kayu Suren atau Mahoni. BINGKAI SARANG (FRAME) atau SISIRAN gunanya agar lebah lebih cepat membuat sarangnya, terbuat dari rangka kayu yang ditengahnya diberi kawat untuk menahan sarang lebah, biasanya terdiri dari 4 sisir. Kotak Lebah dan Bingkai Lebah dapat dipergunakan maksimal hingga 3 tahun.



Menurut hasil penelitian dari putra putri bangsa kelas XII IPA 3 SMAN 1 Salatiga mengenai khasiat sarang lebah madu yang diujikan terhadap marmut, didapati bahwa ternyata sarang lebah madu juga memiliki manfaat yakni sebagai anti oksidan, sehingga dapat mencegah radikal bebas yang dapat menimbulkan penyakit kanker.

Sarang lebah madu ada yang tidak menghasilkan madu dalam jumlah banyak, bagi orang Kediri sarang lebah / tawon yang masih ada lebahnya dan juga larva tersebut dijadikan panganan berupa botok sarang tawon / sarang lebah dengan proses yang sama dengan membuat botok yang lain.

BOTOK SARANG TAWON (Foto oleh Osa Kurniawan Ilham)
 Sedangkan di Kendal, terkenal dengan sup sarang lebahnya yang juga berisi lebah dan larva didalamnya.